Click Here For Free Blog Backgrounds!!!
Blogaholic Designs

Rabu, 13 Februari 2013

Berikan Hak kepada Pemiliknya



     Jiwa ibarat tentara-tentara yang bersenjata, ia juga mempunyai kebutuhan yang harus dipenuhi, tanpa harta berlebihan. Secukupnya saja. Sebab, jika berlebihan, bagai air dalam gelas, ia akan tumpah sia-sia. Kebutuhan jiwa adalah amal shaleh.
   Dalam beribadah, tidak boleh terlalu berlebihan, sehingga melupakan hak-hak badan, keluarga, dan tetangga. Jangan terlalu bersemangat melebihi Nabi, sebab Nabi pun menikah, bermasyarakat dan memberikan segala sesuatu hak-haknya.
     Diriwayatkan dari ‘Aun bin Abi Juhaifah, dari ayahnya, ia berkata, “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mempersaudarakan Salman dan Abu Ad-Darda’. Lalu, Salman mengunjungi Abu Ad-Darda’, dan ia melihat Ummu Ad-Darda’ berbaju kumal. Ia pun bertanya kepadanya, “Kenapa kamu ini?” Ummu Ad-Darda’ menjawab, “Saudaramu, Abu Ad-Darda’, tidak mempunyai kebutuhan duniawi.”
      Kemudian dating Abu Ad-Darda’, lalu Salman buatkan makanan baginya. Salman berkata, “Makanlah.” Abu Ad-Darda’ menjawab, “Aku sedang bepuasa.” Salman menimpali, “Aku tidak makan hingga kamu makan.” Kemudian Abu Ad-Darda’ makan. Malam harinya Abu Ad-Darda’ bersiap untuk bangun. Salman berkata, “Tidurlah.” Abu Ad-Darda’ lau tidur.
    Kemudian, tak lama setelah itu, ia bersiap bangun, namun Salman kembali berkata, “Tidurlah.” Baru ketika telah sampai akhir malam Salman berkata, “Bangunlah sekarang.” Keduanya lalu shalat. Setelah itu Salman berkata, “Sesungguhnya bagi Tuhanmu atas kamu terdapat hak, bagi dirimu atas kamu terdapat hak, dan bagi keluargamu atas kamu terdapat hak. Jabdi berikanlah hak kepada setiap yang memiliki haknya.”
     Kemudian Abu Ad-Darda’ menemui Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan menceritakan kejadian yang baru saja dialaminya itu. Mendengar itu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata, “Salman benar.”

(Yasir, Muhammad. 2009. Engkau Lebih Cantik Dari Bulan Purnama. Jakarta: Salsabila Kautsar Utama.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar